Quotes of The Day

Selalu ada kendala di dalam setiap usaha. Satu-satunya hal yang tidak memiliki kendala adalah tidak melakukan apa-apa.

Friday, November 4, 2016

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word


Assalamu'alaikum pembaca sekalian, kali ini saya akan membagikan satu ilmu yang saya dapat dari dosen praktek mata kuliah Aplikasi Komputer dan Teknologi Informasi di Fakultas Pertanian Unsyiah. Kalau boleh bercerita sedikit, inisiatif saya memasang posting mengenai masalah ini tidak lepas dari peranan teman saya yang bertanya materi apa yang telah saya pelajari di mata kuliah Aplikom (sebutan akrab mahasiswa terhadap mata kuliah Aplikasi Komputer dan Teknologi Informasi). Maka yang saya jawab adalah salah satu materi yang paling saya ingat, dan salah satu materi yang paling berkesan bagi saya yakni masalah membuat daftar isi otomatis, karena selama ini saya selalu menggunakan cara manual, dan kali ini saya ingin membagikan ilmu ini kepada teman-teman semua.

  • Baiklah, yang pertama harus kita lakukan (setelah membaca basmallah tentu saja) yaitu membuka Microsoft Word (Saya harap para pembaca sudah mengerti cara membuka software ini. Kalau belum, bisa komentar di bawah, mungkin bisa jadi referensi bagi saya dalam penulisan artikel berikutnya).
  • Setelah kita membuka dokumen baru di word, maka kita akan melihat kertas kosong. Coba isi dengan judul-demi judul.
  • Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan format penulisan Heading 1 dan Heading 2 pada judul dan subjudul yang ingin dijadikan tertera dalam daftar isi.

  • Maka kita harus mengklik Heading 1 untuk judul, dan Heading 2 untuk subjudul tulisan kita.
  • Satu hal lagi sebelum kita melanjutkan penulisan, untuk membuat daftar isi otomatis ini, kita mesti memasukkan page number dulu ke dokumen lembar kerja. Caranya klik Insert => Page Number, format sesuai kebutuhan.
  • Kemudian langsung ke percobaan, disini saya akan menggunakan dokumen yang sudah saya tulis judul-judulnya saja, kawan-kawan tinggal aplikasikan di dokumen yang baru atau di dokumen yang sudah ada.
  • Saya sudah menulis judul di lembaran kertas yang berbeda, mulai dari lembaran pengesahan, kata pengantar, daftar isi, dan seterusnya.


  • Jika pada dokumen yang sudah ditulis judulnya seperti ini, kita harus mengedit satu persatu bagian judul menjadi berformat Heading dengan memblok seluruh judul dan mengklik tombol Heading.
  • Cara cepatnya adalah dengan cara memperkecil tampilan lembar kerja seperti di atas, jadi seluruh dokumen dapat dikendalikan dalam sekali kerja tanpa harus menscroll ke bawah satu persatu.
  • Setelah seluruh tampilan kerja terlihat, blok semua judul dengan cara pendam tombol Ctrl dan blok semua judul satu persatu tanpa melepas tombol Ctrl.
  • Setelah semua judul berhasil diblok, klik Heading 1. Akan terlihat tampilan seperti di bawah ini.

  • Tapi yang perlu diperhatikan, format tulisan seperti di atas pastinya tidak sesuai untuk format penulisan ilmiah, maka perlu diedit lagi, caranya sama seperti tadi, blok semua judul, ganti format tulisan sesuai format penulisan karya tulis ilmiah, misalnya dengan Times New Roman, format letak rata tengah (justify) atau dengan menekan Ctrl + J, ganti warna tulisan dengan warna hitam (Automatic), serta ukuran huruf, biasanya menggunakan ukuran 12 atau 14 untuk judul.

  • Setelah berhasil seperti di atas, lanjut ke pembuatan daftar isi secara otomatis.
  • Pertama sekali,letakkan kursor di lembaran kerja yang ingin dijadikan daftar isi.




  • Klik menu Table of contents (yang saya beri kotak merah di atas).

  • Klik Automatic Table, dan anda akan mendapat hasil seperti di bawah.


  • Lihatlah hasilnya, anda tidak perlu menulis satu persatu judul di daftar isi. Bonusnya lagi, letak halaman dari seluruh judul secara otomatis sudah langsung tertulis di sana tanpa perlu kamu cek satu persatu. untuk selanjutnya, bisa diedit sesuai selera, misalnya dengan menghapus tulisan Contents sehingga hasil akhirnya akan seperti di bawah ini.

  • Jangan lupa ucap Alhamdulillah.

Semoga bermanfaat, silakan di share, kalau ada yang sulit silakan pergunakan kolom komentar di bawah dengan bijak dan sebaik-baiknya.

      Choose :
    • OR
    • To comment
    No comments:
    Write comments